Shareit merupakan aplikasi kirim file antar smartphone ataupun dari smartphone ke laptop/komputer. Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaann komputer lenovo. Aplikasi ini ada baik di playstore ataupun di app store.
Aplikasi ini bekerja menggunakan sinyal wifi.
Karena sekarang banyak sinyal wifi, aplikasi ini banyak sekali digunakan. Sinyal wifi bolt, sinyal wifi dari telkomsel, sinyal wifi bandara, sinyal wifi dari operator lainnya, atau sinyal wifi gratis di tempat-tampat makan, hotel dan tempat lainnya mudah sekali ditemukan.
Contoh seandainya kamu singgah di hotel beberapa hari baik di indonesia maupun di luar negeri kamu bisa terkoneksi ke wifi. Biasanya wifi di hotel diberikan kode/password wifinya.
Dengan memanfaatkan wifi yang kamu temui, kamu bisa saling bertukar data dengan teman-teman sesama hp, ataupun mengirim data ke laptop. Tentunya dengan shareit yang sudah diinstall di masing-masing perangkat.
Kenapa harus menggunakan shareit, bukan bluetooth atau lainnya?
Selama saya lakukan beberapa percobaan dengan berbagai aplikasi yang sejenis, wifi paling mudah dan punya nilai plus yang tidak dimiliki apkikasi lainnya. Begitu perangkat diinstall, shareit langsung dapat digunakan tanpa harus buka website penyedia layanan transfer data tersebut (si pembuat aplikasi). Kalau shareit tidak demikian, begitu terkoneksi antar perangkat dengan wifi, ia bisa langsung digunakan buat kirim data, ga perlu transit ke website, tidak perlu login ke website.
Pokoknya bisa segera kirim.
Share it juga memiliki kecepatan yang bagus di antara aplikasi lain, ringan, tidak ada iklan, dan dapat digunakan baik di android ataupun iOS.
Simple kata, cara mudah kirim file pakai shareit memang benar-benar bisa dibuktikan. Kamu bisa mencobanya baik dengan hp ataupun dengan laptop. Contoh lengkap yang saya share disertai dengan gambar bisa dilihat pada tautan ini.